Kelebihan dan Kekurangan Komentar Bawaan Blogger

Keuntungan dan Kerugian Komentar Bawaan Blogger

Blogger, salah satu media atau tempat membuat website sendiri terpopuler pertama di dunia, dengan Wordpress pada peringkat kedua disertai Tumblr diperingkat ketiga.

Sudah jelas Blogger menjadi favorit para webmaster dikarenakan platform ini benar-benar 100% gratis dan memiliki hak sekitar 70%. Berbeda dengan Wordpress, walaupun berbayar untuk hosting dan domain, kita diberikan hak 100% alias sepenuhnya atas blog yang kita miliki.

Sampai sini saya potong, lanjut ke topik.

Sampai sekarang, saya tetap menjadikan komentar bawaan blogger sebagai tempat berkomentar untuk blog Kode Jarwo ini. Mengapa?

Karena fitur komentar bawaan blogger memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan fitur berkomentar lainnya seperti Disqus dan Facebook, seperti bisa dimodifikasi, full access, dan lain-lain.

Selain keuntungan tersebut, kolom komentar bawaan blogger juga memiliki sedikit kekurangan. Menurut saya tidak apa-apa juga sih, karena kekurangannya tidak terlalu berpengaruh.

Langsung saja, berikut kelebihan dan kekurangan (review) komentar bawaan blogger. Mari kita mulai dengan kelebihannya terlebih dahulu.

Kelebihan


1. Dapat dimodifikasi dan didesain ulang, hingga 90%


Kelebihan dan Kekurangan Komentar Bawaan Blogger

Bisa anda lihat gambar diatas, yaitu penampakan kolom komentar blog Kode Jarwo pada saat saya membuat artikel ini. Di gambar itu saya menggunakan kolom komentar bawaan blogger.

Berbeda jauh bukan dengan kolom komentar bawaan blogger yang awal?

Ya jelas, karena saya sudah mengeditnya sedemikian rupa dengan CSS sehingga menjadi cantik seperti itu. Hal-hal yang dapat anda edit dan modifikasi untuk komentar blogger adalah sebagai berikut:
  • Jumlah komentar yang ada (comment counter)
  • Gambar/Avatar pemberi komentar
  • Kolom untuk sebuah komentar
  • Kolom untuk komentar admin
  • Kolom untuk komentar balasan/reply
  • Tombol balas/reply
  • Tombol hapus komentar
  • Tanggal pemberian komentar
  • Deskripsi/rules/tata cara berkomentar
  • dan masih banyak lagi...
Bagaimana? Banyak sekali bukan yang dapat diedit dan dimodifikasi ulang? Anda hanya memerlukan keterampilan di bidang CSS untuk mengedit semua hal diatas.

Untuk sisa 10% nya yang tidak dapat diedit, akan saya jelaskan pada kekurangannya nanti.

2. Akses Full Control


Kelebihan dan Kekurangan Komentar Bawaan Blogger

Dengan menggunakan kolom komentar bawaan blogger, anda memiliki hak kontrol dengan komentar-komentar yang ada hingga 100%. Wow.

Anda dapat memasukkan komentar kedalam kategori Spam, menyembunyikannya, menghapusnya, mengecek berapa jumlah seluruh komentar yang ada di blog, melarang seseorang berkomentar, dan lain sebagainya. Selain itu, tampilan kontrol yang mudah dan simpel juga menjadi alasan saya mengapa memilih kolom komentar bawaan blogger ini.

Oleh karenanya, anda dapat dengan mudah memoderasi satu per satu komentar yang masuk.

3. Gak perlu ribet


Ya, anda tidak perlu susah-susah membuka web lain, login dengan akun lain, atau bahkan sampai menghabiskan sebagian besar kuota anda hanya untuk memoderasi komentar yang ada.

Anda hanya perlu membuka blogger.com, sama seperti anda membuka panel blog anda. Jadi disaat yang bersamaan anda juga dapat melihat statistik dan perkembangan blog anda tanpa perlu membuka dan menghabiskan di web lain.

4. Ringan


Ya, komentar bawaan blogger ini sangatlah ringan. Bahkan, bisa saya bandingkan dengan komentar lainnya, komentar bawaan blogger ini bisa mencapai 3x lipat lebih ringan!

Mengapa bisa lebih ringan? Alasan saya ada 3, yaitu:
  1. Script komentar dapat dimuat secara asynchronous
  2. Tidak terlalu banyak script eksternal
  3. Script dapat didefer
Hal inilah yang membuat komentar bawaan blogger jauh lebih ringan. Berbeda jauh dengan komentar Facebook, saya waktu itu mencoba loadnya bisa mencapai 5-10 detik (menurut perhitungan GTMetrix).

Jadi, bila anda mengerti lebih dalam tentang pendeferan Javascript, blog anda akan terbebas dari masalah leverage browser untuk komentar blogger ini.

Mungkin itu saja yang saya tahu, nanti akan saya update lagi bila ada. Sekarang mari ke kekurangannya.

Kekurangan


1. Kurang SEO


Jujur saja, komentar bawaan blogger itu kurang seo. Mengapa? Bisa anda lihat pada gambar dibawah ini yang saya ambil dari google.

Kelebihan dan Kekurangan Komentar Bawaan Blogger
Bisa anda lihat, ketika saya mencari gambar-gambar yang terindex Google dari blog saya, foto profil dari para komentator di blog saya ikut terindex. Jadi, disini saya katakan kurang SEO dikarenakan Google bisa saja menganggap bahwa link para komentator di blog saya adalah backlink.

Dan seperti yang kita ketahui dan para master SEO katakan bahwa link-link yang mengarah ke sosial media adalah tidak SEO dan sebaiknya diberi nofollow.

2. Form Komentar tidak bisa diedit


Kelebihan dan Kekurangan Komentar Bawaan Blogger

Seperti yang kita ketahui, bahwa dari dulu saya ngeblog sampai sekarang, form untuk berkomentar di blogger masih sama saja tampilannya (seperti gambar diatas).

Juga, bila anda baca baik-baik artikel ini, pada poin pertama kelebihan diatas saya mengakatakan "dapat dimodifikasi hingga 90%", bukan 100%.

10% nya itu adalah form komentar ini.

Memang, sekalipun form ini tidak dapat diedit, menurut saya form ini sudah bagus karena tampilannya yang simpel, ringan, serta minimalis.

Sudah segitu saja yang saya tahu, nanti akan saya update lagi.

8 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

.

kalau form komentar blogger bisa dimodifikasi pasti bagus gan, tapi ane lebih suka blogger daripada yang lain

Balas Hapus
.

Iya pasti makin bagus, malah bisa dibuat mirip punya Wordpress.

Balas Hapus
.

Gan kalau kita berkomentar di bawaan blogger itu backlinknya bersifat dofollow atau nofollow gan?

Balas Hapus
.

Biasanya dofollow, tapi kebanyakan orang diubahnya ke nofollow

Balas Hapus
.

Setuju banget sama poin 3, ga ribet gan, udah gitu ringan juga kalo bawaan blogger :)

Balas Hapus
.

Sepetinya buat yang nomor 2 bisa mas. Bisa diedit dari CSSnya, atau diganti pake komentar terbaru bawaan Blogger yang lebih cantik. Saya fans berat Blogger jadi berat mau coba Disqus.

Balas Hapus
.

Nah ya benar itu mba igniel. Memang sekarang sudah bisa diedit, saya sudah pernah coba. Mungkin disitu saya kurang nulisnya, seharusnya "diedit secara mudah"

Balas Hapus

Silakan masukkan komentar anda. Jangan habiskan waktu hanya untuk melakukan SPAM disini.