Cara Mudah Bang Jarwo Dapat Sitelink dari Google

Cara Mudah Bang Jarwo Dapat Sitelink dari Google

Anda tahu Sitelink? Sitelink adalah kumpulan link-link terkait suatu blog yang muncul di hasil pencarian Google ketika kita mengetikkan nama blog tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar diatas. Sitelink ini mulai munculnya pada tahun 2005 silam, kemudian baru diperkenalkan namanya oleh Google pada kisaran bulan September tahun 2007.

Sitelink bukanlah hal biasa, tetapi luar biasa.

Mengapa?

Jelas, karena Google tidak memberikan Sitelink kepada semua blog/website. Google hanya akan memberikan Sitelink kepada blog dan website-website tertentu yang sesuai dengan algoritmanya.

Nah yang sampai sekarang masih menjadi perdebatan oleh para master SEO dan web adalah, bagaimana cara kerja algoritma Sitelink tersebut? Karena Google sama sekali tidak pernah membocorkan cara kerja algoritma ini, sehingga cara mendapatkan Sitelink masih tergolong misteri.

Jadi disini saya terangkan kepada anda, bila anda pernah membaca artikel lain yang mengatakan bahwa untuk mendapatkan Sitelink itu blog harus SEO, backlink banyak, template yang simpel atau harus bawaan Blogger, bervisitor 1000 perhari, dan sebagainya, itu semua tidak salah...

...karena itu semua hanyalah saran. Boleh anda lakukan, boleh tidak, selama tidak melanggar aturan Google.

Tetapi disini saya akan memberikan sedikit tips agar blog anda memiliki Sitelink, didasarkan kepada pengalaman yang saya alami sendiri, dikarenakan blog Kode Jarwo ini sudah mendapatkan Sitelink dari Google hanya dalam rentang waktu 1 bulan, dengan umur blog yang masih 7 bulan.

Saya juga sempat melakukan sedikit perbandingan dan studi kasus blog Kode Jarwo dengan blog saya yang lainnya, yaitu sebagai berikut:

  1. Blog Pertama (Kode Jarwo)
    • Dibuat pada awal bulan Februari 2017, atau berumur sekitar 7 bulan sampai akhir studi kasus saya
    • Visitor sekitar 400-600 perhari, dengan PageViews 600-700 perhari (Traffic Google)
    • Domain .com alias berbayar
    • DA dan PA masih 1
    • Update artikel setiap minggu
  2. Blog Kedua (Saladinez)
    • Dibuat pada kisaan pertengahan 2016, atau berumur sekitar 1 tahun lebih sampai akhir studi kasus saya
    • Visitor sekitar 50-100 perhari, dengan PageViews 75-100 perhari (Traffic Google)
    • Domain gratisan dari blogger
    • DA 75-90 dan PA 20-30
    • Jarang update, sekitar 1-3 bulan baru saya update

Dan blog yang mendapatkan Sitelink adalah Blog Kode Jarwo. Ya, saya mendapatkan Sitelinknya hanya memerlukan waktu 1 bulan sejak saya membeli domain dan awal aktifnya blog ini (pertengahan bulan Juli sampai pertengahan bulan Agustus).

Kesimpulan Pertama: FAKTA


Dari perbandingan 2 blog diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa untuk mendapatkan Sitelink secara cepat di Google, saran saya anda melakukan hal-hal berikut:
  1. Rajin update artikel, minimal 1 artikel per minggu
  2. Berdomain TLD, dan
  3. Usahakan, visitor dinaikkan dari sebelumnya

Sudah, itu saja. Sekali lagi saya tegaskan, 3 poin diatas hanyalah saran, karena sampai sekaran tidak ada yang tahu pasti bagaimana algoritma Sitelink.

Mungkin yang terpikirkan di benak anda adalah saya melupakan 1 hal, yaitu SEO. Ya, karena saya hanya menerapkan SEO Dasar untuk kedua blog diatas. Berbeda jauh dengan pendapat orang lain yang mengatakan bahwa untuk mendapatkan Sitelink blog anda SEOnya harus dibuat semaksimal mungkin.

Jangankan semaksimal mungkin, saya saja hanya mensubmit sitemap di Webmaster, mengatur tag heading, dan alt untuk setiap gambar. Tidak ada yang seperti mencari backlink, setting robots.txt, share link ke Media Sosial, dan lain-lain.

Kesimpulan Kedua: MITOS?


Pada kesimpulan kedua ini, saya akan menyajikan beberapa pernyataan yang salah untuk mendapatkan Sitelink dari Google, yaitu sebagai berikut:
  1. Blog harus mempunyai DA dan PA tinggi
  2. SEO blognya harus maksimal
  3. Umur blog yang sudah tua
  4. Template bawaan blogger

Mengapa saya berani mengatakannya salah? Karena saya sudah membuktikannya sendiri...

Kamis, September 07, 2017 - 14 komentar

14 komentar untuk Cara Mudah Bang Jarwo Dapat Sitelink dari Google.

Silakan masukkan komentar anda. Jangan habiskan waktu hanya untuk melakukan SPAM disini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

Trik dr kang kode jarwo selalu update yg terbaik..mkasih kang ;)

Balas Hapus
.

temen saya masih blogspot tapi sudah ada sitelink begitu bang.
terus isinya juga gado-gado

memang sudah lama tuh blog

oke bang. nanti saya coba deh.
mumpung habis ganti jadi TLD

Balas Hapus
.

Mantap tipsnya bang. Saya juga penasaran dengan sitelink sepertu itu. Apakah ganti2 template akan mempengaruhi mendapatkan sitelinj dari google?

Balas Hapus
.

Mungkin, soalnya saya belum pernah coba

Balas Hapus
.

Widih keren blognya udah dpt sitelink.. congrats gan

Balas Hapus
.

Iya gan, semoga blog agan dapat juga

Balas Hapus
.

Siappp belajar kk @jarwo

terimakasih

Balas Hapus
.

Rajin update artikel jangan copy-paste, pasti bisa dapat sitelink, blog ana udah lama dapat sitelink

Balas Hapus
.

Saya sangat setuju bang jarwo, saya saat mendapatkan sitelink masih awam banget. Bahkan saya tidak tau namanya kalau itu sitelink. Tpi berkat update artikel rutin, blog saya dikasih google sitelink. Seingat saya gak sampai sebulan.
Terus jangan sering ganti template juga, apalagi saat ganti template kode webmaster toolnya gak dipindahkan. Pasti stelinknya hilang tuh.. Pengalaman saat dulu masih sering ganti template...

Balas Hapus
.

Nah betul itu gan. Sering ganti atau bahkan cuma otak-atik template blog memang akan berakibat negatif bila hal-hal penting didalamnya lupa dipindahkan ke template baru.

Balas Hapus