Cara Menurunkan Bounce Rate dengan Cepat dan Mudah

Cara Menurunkan Bounce Rate

Cara menurunkan bounce rate - Jika sebuah situs memiliki banyak halaman atau postingan maka presentase bounce rate sangatlah penting untuk diperhatikan. Bounce rate merupakan penilain mesin pencari terhadap suatu situs yang didapatkan dari aktivitas pengunjung untuk melihat artikel lain yang berada di suatu situs. Bounce Rate sering disebut juga Rasio Pentalan

Logika simpelnya seperti ini, misalnya saya mengunjungi situs anda melalui mesin pencari lalu membaca postingan anda namun saya tidak membaca artikel lain yang berada di situs anda. Nah hal ini yang menyebabkan semakin tingginya angka presentase bounce rate.

Jika anda memiliki situs yang berisikan profile atau terdiri dari satu buah laman saja, maka hal ini tidak perlu diperhatikan. Kenapa harus menurunkan presentase bounce rate? Ini dikarenakan agar mesin pencari dapat menilai bahwa situs anda banyak disukai pengunjung karena mereka tertarik membaca semua laman yang terdapat pada situs anda, tenti saja hal ini akan menambah ranking situs anda di mesin pencari.

Banyak penyebab presentase bounce rate terhadap suatu situs tinggi yaitu, tata letak situs yang tidak rapi, artikel tidak menarik, loading blog terlalu berat, tampilan situs tidak menarik dan lain sebagainya. Namun banyak yang bertanya - tanya "Bagaimana menurunkan bounce rate?"

Sebenarnya caranya cukup simpel dan mudah untuk dipraktekan bahkan untuk pemula yang masih baru mengenal dunia blogging. Hanya saja perlu ketekunan dan kesabaran, dikesempatan kali ini kcaturdev akan memberikan cara menurunkan bounce rate dengan cepat dan mudah untuk dilakukan.

CARA MENURUNKAN BOUNCE RATE


1. Buat konten yang menarik.

Sangat disarankan untuk membuat konten yang disukai oleh pengunjung, terutama buatlah konten yang original (murni hasil tulisan sendiri) dan bukan plagiat. Maka pengunjung akan semakin menyukai situs anda dan betah membanca artikel - artikel yang menurut mereka menarik di situs anda, tentu saja presentase bounce rate dapat ditekan secara signifikan.

2. Menggunakan template yang ringan.

Masih ada banyak blogger mengatakan bahwa konten itu adalah "Number one" dan template tidak berpengaruh, hal itu tidaklah sepenuhnya benar. Dari beberapa riset yang saya lakukan memnyimpulkan bahwa 90% pengunjung lebih menyukai situs yang memiliki loading yang cepat dan ringan, maka dari itulah sabgat disarankan untuk menggunakan template yang fast loading untuk situs anda.

3. Memperbaiki tata letak situs.

Jika anda memiliki situs yang tata letaknya tidak beraturan maka dipastikan situs tersebut tidak akan disukai oleh pengunjung, mulai sekarang susunlah tata letak situs anda dengan berurutan, rapi, dan secukupnya saja.

4. Menambahkan widget Related Post.

Widget related berfungsi untuk menampilkan beberapa postingan terkait dengan kategori artikel utama pada suatu situs, tentu saja pengunjung akan merasa tertarik terhadap postingan yang mereka patut di baca dan dapat menekan tingginya bounce rate.

5. Jangan menggunakan iklan pop-up.

Ketika saya sedang mencari informasi di mesin pencari dan menemukan sebuah situs yang ketika dibuka muncul iklan popup yang jikalau tidak diklik maka tidak bisa diclose, maka seketika itu saya meninggalkan situs tersebut, tentu saja akan memperburuk presentase bounce rate dan memperburuk seo situs anda. Maka dari itulah, jangan pernah sesekali menggunakan iklan popup yang dapat mengganggu visitor situs anda.

6. Menambahkan anchor text pada setiap artikel.

Anchor text merupakan sebuah link tautan yang mengarah ke artikel lain yang relevan dengan artikel yang sedang dibahas, dengan menambah anchor text pada setiap artikel yang anda publikasikan maka akan menarik pengunjung untuk menuju tautan yang disisipi di anchor text karena dirasa cukup penting untuk melengkapi informasi artikel utama.

Mungkin sekian artikel kcaturdev tentang cara menurunkan bounce rate dengan cepat dan mudah, semoga bermanfaat terimakasih.

Minggu, November 19, 2017 - tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Menurunkan Bounce Rate dengan Cepat dan Mudah.

Silakan masukkan komentar anda. Jangan habiskan waktu hanya untuk melakukan SPAM disini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar