Mungkin bagi sebagian blogger pemula seperti saya pernah bertanya-tanya, apa sih Permalink atau dalam bahasa Indonesianya itu tautan/link permanen?

Menurut saya, permalink merupakan kependekan dari Permanent Link. Link yang permanen. Permalink adalah sebuah link yang akan merujuk anda ke sebuah halaman. Link ini bersifat permanen, karena tidak dapat diubah bila telah dipublikasikan.

Masih bingung artinya?

Jadi begini, misal anda sekarang berada di beranda blog ini, lalu anda mengklik salah satu judul postingan di blog saya, contoh seperti gambar di bawah ini.


Maka, anda akan diarahkan menuju halaman baru, yaitu halaman tentang postingan yang anda klik tadi, yaitu http://kodejarwo.blogspot.co.id/2017/03/apa-itu-virtual-box-pengertian-dan.html. Anda juga telah meninggalkan halaman kodejarwo.blogspot.co.id. Nah, yang dimaksud permalink itu adalah link yang merujuk anda ke postingan yang anda tekan tadi.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Permalink Sendiri

Mengapa dinamakan 'Permanent' Link?

Karena link ini bersifat permanen, anda atau siapapun itu tidak dapat mengubah link ini ketika telah terlanjur dipublikasikan. Oleh karenanya, bila anda seorang blogger, anda bisa mempergunakan permalink ini sebaik-baiknya.

Terus, kegunaan Permalink bagi blog saya apa?

Permalink berperan cukup besar terhadap postingan yang anda buat. Permalink dapat membantu para pengunjung blog anda untuk mengunjungi postingan blog anda lagi karena linknya yang mudah diingat. 

Coba anda bandingkan kedua permalink berikut ini, link manakah yang menurut anda lebih enak diingat dan dipandang:
kodejarwo.blogspot.com/2017/03/apa-itu-permalink-berikut-ulasan-lengkapnya.html

atau

kodejarwo.blogspot.com/2017/03/pengertian-permalink.html

Tentu link kedua yang mudah dipandang dan tentunya diingat oleh para pengunjung blog anda. Bila anda menggunakan permalink yang pertama, mungkin pengunjung blog anda akan bertanya.. "tadi, link tentang ulasan permalinknya apa ya?". Dan akhirnya ia tidak jadi mengunjungi (lagi) blog anda karena lupa linknya.

Selain itu, permalink juga memiliki peran yang cukup penting bagi blog anda, yaitu memudahkan google untuk mengindex postingan anda.
Pernahkah anda melihat sebuah link yang berbentuk seperti ini:

nama-suatu-blog.com/wpaszd/images1927/91u23asas21jmz9xzu5adk10jas6nd bla bla bla

Pasti anda kebingungan membacanya bukan?

Google itu sama seperti anda, ia juga dapat 'kebingungan' ketika melihat link seperti ini. Akibatnya, Google tidak jadi mengindex link tersebut karena link yang seperti itu identik dengan blog atau website yang asal-asalan dan bahkan berbahaya.

Bisa anda lihat sendiri, bagaimana website-website terkenal dan tentunya sangat terpercaya, bagaimana mereka membuat permalinknya sendiri, misal:

id.wikipedia.org/wiki/Permalink

Sangat simpel dan mudah diingat bukan?

Oke, menurut saya semua ulasan diatas tentang Permalink sudah cukup untuk anda para blogger pemula untuk menambah sedikit ilmu tentang blogging anda. 

Bila ada yang ingin ditanyakan tentang permalink untuk Blogger, bisa anda tanyakan kepada saya melalui kolom komentar dibawah.



Bagi anda yang ingin bertanya atau request dibuatkan tutorial dan artikel, silakan hubungi saya lewat kontak yang tersedia atau pada Halaman Pertanyaan. Terima Kasih.

Loading

0 komentar untuk Apa itu Permalink? Berikut Ulasan Lengkapnya

Silakan masukkan komentar anda. Jangan habiskan waktu hanya untuk melakukan SPAM disini.