Apakah anda seorang blogger?

Apabila jawabannya iya, apa nama domain blog anda?

Ada banyak sekali nama-nama domain yang tersebar di seluruh dunia. Dikutip dari arenalte.com, pada pertengahan tahun 2016 lalu, jumlah domain yang sudah tersebar di internet telah mencapai 326,4 juta. Wow.

Oke, lanjut langsung ke topik.

Setiap blogger pemula, pasti tidak "mengambil pusing" dalam pemilihan nama domain yang tepat untuk blognya. Padahal, nama domain tersebut sangatlah berperan penting pada blog anda. Jangan sampai bila blog anda sudah terkenal dan banyak pengunjungnya, baru anda berpikir:

" Ah kayaknya nama domain ini jelek "

Jadi, anda akan dibuat kebingungan untuk mengubah nama domain anda yang sudah terlanjur dibuat.

Oleh karenanya, ada beberapa tips untuk memilih nama domain anda, baik untuk pengunjung maupun mesin pencari. Berikut saya memberikan tips-tipsnya.

1. Tinggalkan Domain "gratisan" anda, sekarang juga!



Pada judul diatas, saya menulis kata "gratisan" dengan kata kutip... Apa artinya?

Domain gratisan tidaklah selamanya gratis!

Blog anda bisa saja tiba-tiba hilang ditelan bumi karena menggunakan domain gratisan ini. Karena setelah saya survei sendiri, 95% dari penyedia domain gratisan hanya membatasi para penggunanya hingga 1 tahun, sehingga untuk melanjutkan domainnya maka ia harus memperpanjangnya dengan membayar. Bila anda tidak memperpanjangnya, bisa saja blog anda hilang secara tiba-tiba.

Contoh domain gratisan yang terkenal yaitu .tk , .xyz , .ml , .ga , dan sebagainya. Bahkan, saya pernah melihat ada domain .com gratis yang dibagikan secara cuma-cuma.

Selain itu, alasan lain yang memperkuat anda untuk meninggalkan domain "gratisan" anda adalah:
  • Blog terkesan blog asal-asalan, karena blog yang menggunakan domain gratisan dikenal sebagai blog spam, scam, hoax, dan blog negatif lainnya. Bahkan, 78% blog spam menggunakan domain gratisan.
  • Anda bisa saja kehilangan blog anda karena domain "gratisan" yang anda pakai sudah banyak yang memakai sehingga dianggap domain berkualitas. Contoh, semakin banyak yang menggunakan domain .tk, maka semakin tinggi pula reputasi domain .tk. Sang pemilik domain .tk tersebut bisa saja tiba-tiba membuat domain .tk tadi berbayar sehingga blog anda akan terhapus karena dari awal tidak membayarnya alias gratisan.
  • Sulit diingat, karena domain yang tidak familiar.

2. Gunakan salah satu tipe domain yang paling bagus.



Tipe-tipe domain dibagi menjadi dua, yaitu Country Code Top Level Domain (ccTLD) dan Top Level Domain (TLD). Berikut penjelasannya dimulai dari TLD.

Top Level Domain (TLD)

Top Level Domain atau disingkat TLD adalah sebuah domain yang paling banyak digunakan di dunia, alias domain paling top. Contoh-contoh domain TLD adalah:
  • .com
  • .net
  • .org
  • .info
  • dan kawan-kawannya...

Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Country Code Top Level Domain atau disingkat ccTLD adalah sebuah domain khusus bagi setiap negara. Contoh-contoh domain ccTLD adalah:
  • .id (Indonesia)
  • .jp (Jepang)
  • .us (Amerika Serikat)
  • .ar (Argentina)
  • dan masih banyak lagi...

3. Gunakan domain yang berasaskan 3D



Inilah hal yang sangat penting menurut saya. Apa itu 3D? Domain 3D adalah nama domain yang mudah untuk:
  1. Diingat
  2. Diketik
  3. Dikatakan
Hehehe. 3D itu buatan saya, kalau ada kesamaan mohon maaf.

Diingat. Maksudnya adalah domain anda mudah untuk diingat sehingga para pengunjung dapat datang kembali ke blog anda tanpa kesulitan. Contoh jangan menggunakan nama domain yang panjang dan sulit seperti ozikputrajarwo.com atau theeasysteptogrow.com. Sulit diingat bukan?

Diketik . Maksudnya adalah nama domain anda mudah untuk diketik sehingga para pengunjung blog anda dapat dengan cepat dan mudah mengetiknya. Seperti jangan menggunakan tanda hubung pada nama domain anda. Cukup nama atau brand singkat saja.

Dikatakan. Dikatakan disini maksudnya agar mempermudah anda sekaligus para (calon) pengunjung blog anda dalam mempromosikan blog anda. Misalnya menurut saya menggunakan domain .org itu kurang bagus karena agak sulit dikatakan, dot o-er-ge. Berbeda seperti .com atau .net. Sangat simpel. Dot kom atau dot net.

4. Gunakan nama domain yang SEO Friendly


SEO disini dimaksudkan agar blog anda mudah terindeks ke google sesuai dengan niche blog anda nantinya. Sehingga Google dapat memunculkan nama blog anda ketika seseorang mencari blog yang sesuai dengan niche anda.
Nama domain yang SEO Firendly disini saya bagi menjadi 3, yaitu:
  1. Keyword on Domain (KOD)
  2. Exact Match Domain (EMD)
  3. Branded Domain (BD)

Keyword On Domain

Keyword on Domain atau disingkat KOD adalah domain yang mengandung keyword niche blog tertentu didalamnya.

Bingung maksudnya?

Jadi begini, misal anda akan membuat blog tentang tips-tips memperbaiki komputer yang bermasalah, anda bisa menggunakan KOD dengan membuat nama domain seperti serviskomputer.com atau masalahkomputer.com.

Salah satu contoh blog yang menggunakan KOD ini adalah PanduanIM.com.
Sesuai dengan namanya, PanduanIM adalah blog yang berisi tentang tutorial-tutorial menjadi IM (Internet Marketing) yang benar sehingga kita dapat menghasilkan uang dari internet.

Exact Match Domain

Exact Match Domain atau disingkat EMD adalah domain yang bertujuan untuk menaikkan nama blog di urutan pertama di google dengan cara menyisipkan kata kunci bidikan. 
Tetapi, EMD ini hanya sering digunakan oleh para penjual-penjual online. Mengapa? Karena nama domain harus memiliki "harga jual". Seperti JualApelMalang.com, KontrakanMurah.com, TiketMurah.com, dan lain sebagainya.

Branded Domain

Branded Domain atau yang saya singkat menjadi BD adalah domain yang mengandung kata khusus buatan sang pemiliknya, yang bersifat brand.


Salah satu kelebihan branded domain adalah anda akan memiliki "kebanggaan tersendiri" ketika blog anda sudah ramai akan pengunjung dan terkenal nantinya.



Nah, bagaimana? Apakah anda sudah menentukan nama terbaik bagi blog anda?



Bagi anda yang ingin bertanya atau request dibuatkan tutorial dan artikel, silakan hubungi saya lewat kontak yang tersedia atau pada Halaman Pertanyaan. Terima Kasih.

Loading

2 komentar untuk 4 Tips Utama Memilih Nama Domain yang SEO Friendly

Silakan masukkan komentar anda. Jangan habiskan waktu hanya untuk melakukan SPAM disini.

.
DHeiKUDED
# Kamis, 13 Juli 2017 09.52.00 WITA

Bang kalo blogspot.co.id nanti kalo udah satu taun harus di perpanjang lagi enggak ?

Balas
.
Ozik Jarwo .
# Kamis, 13 Juli 2017 12.45.00 WITA

Gak perlu, itu gratis selamanya.

Balas