Tanggal 26 Agustus 2020 kemarin, saya melakukan upgrade pada alat tempur ngeblog saya (baca: laptop) dari HDD menjadi SSD.

Berhubung saya belum pernah memiliki komputer atau laptop yang menggunakan SSD, jadi saya mencoba SSD dari yang terendah dahulu, yaitu yang 120 GB. Latar belakang saya mengupgradenya karena laptop saya yang terasa semakin berat terutama ketika membuka aplikasi-aplikasi seperti Photoshop, simulator, dan aplikasi lainnya. Setelah membaca-baca review di internet, ternyata SSD bisa menjadi solusi untuk masalah ini.

Alhasil saya cari SSD, harga, cara pemasangan, dan lainnya. Saya melakukan caddy agar harddisk sebelumnya tetap terpasang di laptop saya, dengan konsekuensi saya tidak bisa menggunakan slot disk karena dijadikan slot harddisk.

Setelah upgrade...


Tidak terjadi sesuatu yang mencengangkan.

Waktu boot yang diperlukan juga tetap sama seperti sebelumnya.

Saya mulai menghapus beberapa aplikasi bawaan Windows 10, mengatur file-file yang berantakan karena backup asal-asalan, dan setelah itu saya mulai merasa ada sesuatu yang berbeda...

Ternyata waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan file berukuran 8 GB sangatlah singkat, hanya 2 menitan saja!

Mungkin hal ini biasa saja bagi kalian yang memang pengguna SSD. Tapi bagi saya, hal ini sangatlah istimewa, karena saya dulu pernah menghabiskan waktu berjam-jam ketika ingin mentransfer game CS:GO yang berukuran hingga 20-an GB.

Selain itu juga saya merasakan pengurangan waktu yang cukup signifikan ketika saya membuka Photoshop, aplikasi bawaan seperti Photo dan Videos, membuka file eksplorer secara bersamaan, dan waktu loading lainnya. Inilah yang sangat saya perlukan karena memang pekerjaan saya penuh dengan multitasking.

Jadi, saya rasa upgrade ini sangat worth it. Thanks buat kalian para reviewer SSD sehingga saya tercerahkan dan melakukan upgrade.

Jadilah komentator pertama!

Kebijakan Komentar

Silakan berkomentar di sini. Berkomentarlah dengan sopan dan jangan baung-buang waktu hanya untuk melakukan spam.

Emoticon
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
}D
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
$-)
(y)
x-)
(l)
Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
Menggunakan PRE (block element)
[pre] ... [/pre]

Menggunakan CODE (block element)
[code] ... [/code]

Memasukkan IMG (gambar)
[img src='...'/]

Catatan:
  • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
  • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
  • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
HTML Parser
Input:
Output: